Header Ads

Desa Sine Masuk Lomba PKK Nasional

Program kegiatan mengunjungi perwakilan desa tiap kecamatan telah dilakukan. Kini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes) Kabupaten Ngawi dibawah Kadin Kabul Tunggul Winarno,SJP sudah turun ke desa muali awal Agustus 2017 lalu.

Menurut Jaseman,S.STP Kabid Peberdayaan dan Kelembagaan Masyarakat Dinas Pemdes Ngawi pihaknya telah memberikan fasilitas bagi PKK Kabupaten. Hal ini dalam melaksanakan pembinaan persiapan dan pelaksanaan lomba 10 program PKK, yang diarahkan ke desa Sine.

Lebih lanjut Jaseman mengatakan bahwa lomba 10 program PKK Kab. Ngawi tingkat provinsi masuk kategori 6 besar, dan pada tahun 2017 masuk lomba tingkat nasional. Dinas Pemdes merupakan koordinator dari semua satker terkait dalam kegiatan, sehingga apa yang diperlukan terpenuhi dengan rapi secara adminitrasi. Pembagian tugas untuk semua satker bisa terkoordinir, antara lain Dinsos, Dinkes dan beberapa satker lainnya.

Pada tanggal 7 Agustus lalu awal penilaian pada Tim Kabupaten oleh Tim Pusat. Dan besoknya tanggal 8 Agustus turun ke desa Sine. Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Pusat Ir.Rossi Rozanna ,S.M.Kes dan Dra.Mursilah Tabrani. Dari Ketua PKK Kabupaten Ngawi Hj.Antik Budi Sulistyono,SH, Wb Ony Anwar,ST, Sekda Drs.Sodiq T.W yang didampingi oleh semua ketua pokja kabupaten atau tim monitoring dari TP PKK Kabupaten Ngawi, jajaran Muspika Kecamatan, TP PKK Desa Sine dan masyarakat.

Kedatangan Tim Penilai pusat beserta rombongan disambut dengan kemeriahan kesenian, seni budaya yang dimiliki oleh kelompok budaya masyarakat Ngawi. Sesuai motto Ngawi ramah, dengan tepuk tangan bersama berarti tersenyum. Tidak ketinggalan awal penyambutan sendra tari dari anak-anak desa dipersembahkan dari anggota PKK Desa Sine.

TP PKK Tingkat Pusat ini secara langsung turun lapangan audit semua kegiatan dan fasilitas yang terkait 10 program PKK, sekaligus kegiatan nyata yang dilakukan oleh kader penggerak PKK desa yang dijalankan selama jenjang waktu sampai sekarang ini.

Dan perubahan peningkatan yang lebih sempurna waktu kedepan, dengan mengikuti saran/panduan tim PKK kabupaten, demi tercapainya tujuan bersama. Sebab gerakan PKK suatu gerakan yang nyata dan bermanfaat bagi masyarakat desa, yaitu gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga secara nasional, dalam membangun masyarakat yang tumbuh dari bawah dengan perempuan sebagai penggeraknya menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa, beraklak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju, mandiri, kesetaraan dan keadilan, kesadaran hukum dan lingkungan.

Maka dari itu kesadaran benar-benar harus dimiliki oleh masyarakat. Laporan administrasi disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Ngawi dalam rangkuman materi yang sangat lengkap, satu buku wajib dan mencapai 9 buku pengembangan dalam adminitrasi.

Kades Sine, Jumadi tampak senang desanya dijadikan perwakilan penilaian ini. Pihaknya dengan ramah menyambut semua yang menghadiri dalam kunjungan penilaian program 10 PKK di desa Sine.

Sumber : BisnisSurabaya.com

No comments

Powered by Blogger.