Header Ads

Desa Sine Masuk Tiga Besar Lomba P2WKSS Tingkat Provinsi

Desa Sine, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi berhasil masuk 3 besar se Jawa Timur dalam dalam Lomba Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tahun 2015. Plh Bupati Ngawi Siswanto dan Ketua TP PKK Kabupaten Ngawi didampingi pengurus TP PKK Kabupaten Ngawi serta Ketua TP PKK Kecamatan Sine menyambut kedatangan Ketua Tim Penilai , Drs. Herawanta Ananda,M.si., dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Proipinsi Jawa Timur. Rombangan tiba di Desa Sine pukul 09.00 Wib dan disambut dengan suguhan selamat datang berupa Drum Band, yang dipentaskan siswa usia Sekolah Dasar.

Pada tahun 2015 ini, Desa Sine dipercaya oleh Pemerintah Kabupaten Ngawi untuk mewakili lomba P2WKSS tingkat Provinsi Jawa Timur. Turut hadir para Asisten, Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Ngawi, Camat se Kabupaten Ngawi, para Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa se Kecamatan Sine.

Dalam sambutan Plh Bupati Ngawi Siswanto mengucapkan selamat datang kepada tim evaluasi di Kabupaten Ngawi, Ia berharap evaluasi ini dapat memberikan semangat untuk terus berbuat yang terbaik dalam pelaksanaan program terpadu P2WKSS. “Program terpadu P2WKSS ini sudah dilaksanakan betul-betul melalui lintas sektor. Dimana masing-masing SKPD sudah melaksanakan programnya sebagai wujud dukungan pada program P2WKSS. Dan di Desa Sine ini, peranan wanitanya sudah mulai menunjukkan hasil. Sehingga perlu diapresiasi dan juga dorongan”, kata Siswanto.

Pada kesempatan itu, Ia mengatakan bahwa program terpadu P2WKSS ini tidak bisa dinilai hanya satu tahun saja melainkan perlu berlanjut. Apalagi program P2WKSS dalam rangka merubah pola pikir para kaum perempuan dari yang tidak aktif menjadi aktif. Kami mengharapkan untuk melakukan penilaian secara objektif. Desa Sine salah satu desa di kabupaten Ngawi yang masih memerlukan penanganan dari aspek kehidupan, selain itu Peranan kaum perempuan desa ini cukup potensial dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga terutama bagi ibu ibu yang bergerak di bidang pemberdayaan perempuan ,” kata Plh Bupati Siswanto.

Ketua Tim Penilai Herawanta Ananda dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) berharap tim evaluasi bisa mendapatkan informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan program terpadu P2WKSS untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera serta program yang berkaitan dengan KSI dalam rangka meningkatkan derajad kesehatan ibu dan anak untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak. Sehingga apa yang menjadi tujuan pelaksanaan program ini agar mensejahterakan masyarakat dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Herawanta menambahkan bahwa penilaian berlangsung sangat ketat dan persaingan antar peserta sangat berat. Salah satu indikator dalam penilaian antara lain adalah desa peserta termasuk dalam kategori desa minus. Untuk pelaksanaan P2WKSS ini, Kabupaten Ngawi boleh berbangga hati, karena Desa Sine merupakan desa yang berpotensi di promosikan ke Tingkat Nasional.

Sumber : NgawiKab.go.id

No comments

Powered by Blogger.